Rabu, 15 Oktober 2014

 Rabu, Oktober 15, 2014      , , ,

Hutan, sebagai suatu kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati, bagi tumbuhan, hewan, maupun berbagai kehidupan lainnya, tak bisa disangkal bahwa kawasan ini mempunyai peran yang cukup pelik bagi kehidupan manusia. Hutan memiliki banyak fungsi yang salah satu menjadi paru-paru dunia, karena hutan menjadi sumber oksigen, di mana karbondioksida di udara menjadi bahan bakar bagi tumbuhan untuk fotosintesis dan terpecah menjadi oksigen. Selain itu, hutan pun menjadi penyedia sumber air yang melimpah dan menjadi salah satu tempat pelestarian hewan-hewan liar.

Berdasarkan ketinggian tempatnya, hutan bisa dibedakan menjadi:

1.           Hutan Pantai
Hutan yang tumbuh di daerah pantai adalah hutan bakau (mangrove). Hutan bakau memilik akar napas dan daun yang berlapis tebal di pemukaannya untuk mengurangi penguapan. Hutan bakau banyak dijumpai di pantai yang ombak lautnya tenang, seperti di pantai Sumatera bagian Timur, pantai Kalimantan Barat, pantai Kalimantan Selatan dan pantai Irian Jaya.

Tumbuhan bakau memiliki karakteristik khusus yang memungkinkan tumbuhan ini hidup dan beradaptasi dengan lingkungannya. Lingkungan tempat hidup tanaman ini umumnya memiliki kadar garam yang cukup tinggi, selalu tergenang, dan tanah yang kurang oksigen.

2.           Hutan Gambut
Hutan gambut merupakan suatu ekosistem lahan basah yang dibentuk oleh adanya penimbunan atau akumulasi bahan organik di lantai hutan yang berasal dari reruntuhan vegetasi di atasnya dalam kurun waktu lama. Akumulasi ini terjadi karena lambatnya laju dekomposisi dibandingkan dengan laju penimbunan bahan organik di lantai hutan yang basah/tergenang tersebut.

Di Indonesia, lahan gambut terdapat di daerah pantai rendah Kalimantan, Sumatera dan Papua Barat. Sebagian besar berada pada daerah rendah dan tempat yang masih terpengaruh dengan kondisinya, berada di daratan sampai jarak 100 km sepanjang aliran sungai dan daerah tergenang.